Punya Uang Triliunan, Taipan Kripto Ini Sumbang Hingga 99% Harta Untuk Amal

Sungguh mulia hati dari salah satu bos kripto ini, Ia bahkan ingin menyumbangkan harta kekayaannya hingga 99 persen

Ilustrasi kegiatan amal dalam bentuk bitcoin. (Foto: int)

Cryptoindonesia.id – Masih muda dan punya harta hingga triliuan rupiah tak membuat Sam Bankman-Fried gelap mata. Ia ingin seluruh harta kekayaannya didonasikan untuk kegiatan amal.

Kabarnya, pria berusia 30 tahun ini menganut prinsip “effective altruism” yang didasarkan pada pengambilan keputusan secara matematis. Sam Bankman-Fried merupakan founder perusahaan dari jual-beli kripto FTX.

Sam Bankman-Fried bahkan tercatat dalam majalah forbes sebagai salah satu orang kaya di dunia dengan kekayaan diprediksi mencapai US$24 miliar.

Meskipun menjalankan perusahaan kripto global bernilai miliaran dolar, Ia tetap mengendarai Toyota Corolla yang sederhana, hidup seperti mahasiswa berkantong pas-pasan, dan punya prinsip menghasilkan uang sebanyak mungkin supaya bisa berdonasi lebih banyak.

Bahkan dengan kekayaannya yang fantastis, Bankman-Fried hanya akan menyimpan sekitar 1% dari pendapatannya setiap tahun, yakni sekitar US$100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar (kurs Rp 14.409/US$).

“Menghabiskan uang tidak bisa membuat Anda selalu bahagia,” katanya

“Saya tidak ingin kapal pesiar,” tambahnya.

Alumni MIT ini belajar tentang “effective altriusm” pada 2012 saat masih jadi mahasiswa baru. Filosofi “effective altriusm” menggunakan perhitungan matematis untuk menentukan bagaimana seseorang dapat membuat keputusan terbaik dengan uang dan waktu mereka.

Secara khusus, Bankman-Fried sendiri memegang prinsip “menghasilkan untuk memberi.” Sejalan dengan pendekatan itu, dia bekerja di Wall Street selama tiga tahun setelah kuliah. Selama itu, dia memberikan 50% dari gajinya setiap tahun untuk disumbangkan bagi kesejahteraan hewan.

Saat ini, salah satu orang paling tajir di dunia tersebut menghabiskan hari-harinya dengan tidur di bean bag, bermain video game sambil memberikan pidato di konferensi.

Pendiri FTX ini memberikan uang tunai kepada korban perang di Ukraina. Ia menyumbangkan US$250.000 dalam bentuk tether ke Ukraina.

Follow Twitter
Exit mobile version