Ini Nilai Pasar NFT Global yang Tengah Naik Daun

Pangsa pasar NFT baru mencapai 1 persen bila dibandingkan dengan pangsa keseluruhan pasar kripto.

NFT. (Foto: int)

Cyrptoindonesia.id – Tak bisa disangkal, dalam beberapa waktu belakangan, pasar NFT sangat populer di kalangan masyarakat. Kepopuleran NFT semakin menjadi-jadi setalah para publik figur dunia juga turut andil di dalamnya, baik sebagai pembeli dan penjual karya NFT.

Mulai artis dunia maupun artis dalam negeri, para pesohor sepakbola macam pemain PSG, Neymar hingga Lionel Messi. NFT merupakan sebuah token yang menjual karya digital baik gambar, lukisan, foto, musik, dan video.

Satu karya NFT bisa dihargai miliaran hingga triliunan rupiah. Tak ayal, NFT bak surga yang hadir di tengah para seniman yang sebelumnnya tak tahu dimana mereka akan menjual karyanya.

Tapi tahu tidak, berapa jumlah kapitalisasi pasar NFT ?. Menurut data dari NFTGo dan lembaga riset Messari menyebutkan total valuasi aset NFT saat ini mencapai US$16 miliar. Jumlah tersebut hanya sekitar 1 persen dari total nilai keseluruhan aset digital dunia di kisaran US$2 triliun.

Mason Nystrom, analis dari Messari membeberkan bahwa selama dua Minggu terakhir, pasar NFT menunjukkan tren penurunan. Meski begitu, menurutnya pasar NFT bakal meledak dalam waktu lima tahun kedepan.

“Dalam lima tahun, kami memprediksi industri NFT akan tumbuh signifikan karena aset ini bisa berbentuk apapun,” bebernya.

Pangsa pasar terbesar NFT berasal dari karya jenis Avatar yang kerap dijadikan foto profil di media sosial, totalnya sebanyak 46%. NFT yang paling terkenal yaitu , CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club.

Karya token NFT kedepan bakal banyak digunakan lantaran karya yang dijual dan kegunaannya bervariatif. Rata-rata, selama ini keuntungan yang didapat para pemain NFT dengan menjual karya yang mereka buat atau beli lebih tinggi dari harga awal yang mereka beli.

Saat ini NFT juga digunakan sebagai sarana investor untuk pendanaan awal.

 

Sumber: Bisnis.com

Follow Twitter
Exit mobile version