Apa Itu Tekonomics dalam Industri Kripto

Tokenomics adalah salah satu ilmu yang sangat penting untuk memprediksi nilai dari suatu aset crypto. 

Crypto. (Foto: int)

Cryptoindonesia.id Dunia kripto memang tak akan pernah habisnya jika dibahas. Salah satu keunikannya yaitu banyak istilah yang kerap terdengar asing di telinga.

Bila ingin mendalami industri kripto, para investor, terutama yang masih baru harus mengenal arti dari istilah tersebut. Salah satunya istilah tokenomics berasal dari kata token economics atau token economy. Sebuah model ekonomi yang meliputi karakteristik permintaan dan penawaran aset crypto. Dalam beberapa kasus, tokenomics juga membahas tentang pembuatan dan manajemen sebuah token.

Tokenomics telah berkembang menjadi disiplin besar yang berfokus untuk mempelajari institusi ekonomi dan kebijakan yang terkait dengan penciptaan dan distribusi barang dan jasa yang telah ditokenisasi.

Prinsip dasarnya adalah bagaimana sistem insentif bisa mendorong perilaku yang diinginkan dalam suatu ekosistem, yang mana juga dapat menentukan nilai dari suatu token.

Sebagai contohnya, platform crypto biasanya menawarkan insentif kepada pengguna yang berperan dalam tata kelola aset crypto dan blockchain. Mereka biasanya memberikan sejumlah koin atau token gratis kepada penyedia likuiditas atau penambang crypto.

Dengan menggunakan model tokenomics, pengembang blockchain berusaha untuk mempertahankan nilai crypto dan menciptakan rasa kelangkaan dengan cara mengontrol tingkat penerbitan token baru dan mengawasi pasokannya setiap saat.

Manfaat

tokenomics, salah satunya, Jika sebuah aset crypto memiliki suplai yang terbatas dengan jumlah permintaan yang tinggi, maka akan lebih mudah bagi sebuah aset untuk memiliki “nilai” dibandingkan aset yang jumlahnya tanpa batas. Oleh karena itu, akan sangat penting bagi investor dan trader untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran dari tiap token.

Dan pada dasarnya, terdapat banyak faktor yang akan mempengaruhi tokenomics sebuah aset crypto. Namun salah satu yang terpenting adalah memahami bagaimana aset tersebut akan digunakan. Apakah aset crypto tersebut akan digunakan dalam platform exchange bersangkutan? Jika iya, maka perkembangan produk maupun jumlah pengguna platform tersebut akan berpengaruh besar pada harga aset crypto bersangkutan, dan seterusnya.

Sumber: Pintu

Follow Twitter
Exit mobile version