Mengenal Decentraland (MANA), Platform Jual Beli Properti Virtual

MANA, platform metaverse yang memungkinkan para penggunanya untuk membeli dan menjual properti secara virtual

Decentraland (MANA). (Foto: int)

Cryptoindonesia.id – Tak banyak yang tau jenis kripto Decentraland (MANA). Melansir data CoinMarketCap, Decentraland (MANA) mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 4,16 dolar AS pada Sabtu malam, tanggal 30 Oktober 2021 lalu.

Kenaikan hingga 400% nilai MANA ini terjadi tak lama setelah Facebook mengumumkan perubahan namanya menjadi Meta.

MANA yang diluncurkan pada tahun 2017 merupakan token digital asli Decentraland, yaitu platform metaverse yang memungkinkan para penggunanya untuk membeli dan menjual properti secara virtual. Lalu apa itu Decentraland (MANA)?. Apa saja jenis-jenisnya?. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Decentraland (MANA)?

Decentraland (MANA) merupakan  software yang berjalan di jaringan Ethereum, di mana penggunanya dapat membeli dan menjual real estat digital sambil menjelajahi, berinteraksi, dan bermain gim secara virtual.

Seiring berjalannya waktu, platform Decentraland terus maju dan membuat perkembangan baru dengan mengimplementasikan aplikasi interaktif, pembayaran, dan komunikasi peer to peer untuk pengguna.

Ada dua jenis token yang digunakan untuk mengatur operasi di Decentraland, meliputi:

LAND
LAND adalah aset kripto jenis non-fungible token (NFT) yang digunakan untuk mewakili kepemilikan atas sebidang tanah yang dimiliki oleh pemain dalam komunitas. Rincian kepemilikan token dikelola melalui buku besar yang terdapat pada smart contract.

MANA
MANA adalah aset kripto jenis ERC-20 yang memfasilitasi pembelian LAND. Untuk memperoleh LAND, pengguna harus burn token MANA.

Tak hanya itu, selain sebagai mata uang digital di platform Decentraland, MANA juga digunakan untuk memberikan kekuatan voting di DAO Decentraland.

Pengembang Decentraland (MANA)
Pengembangan software Decentraland didirikan oleh Esteban Ordano dan Ariel Meilich pada tahun 2015 dibawah organisasi Decentraland Foundation.

Tim Decentraland mengadakan Initial Coin Offering (ICO) pada tahun 2017 dengan mengumpulkan 86.206 ETH untuk mendanai operasinya di masa depan.

Saat artikel ini ditulis, MANA berada di peringkat ke-42 CoinMarketCap dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar 4,92 miliar dolar AS.

Cara Kerja Decentraland (MANA)

Perangkat lunak ini memanfaatkan blockchain Ethereum untuk dapat melacak kepemilikan atas tanah digital. Selain itu, perangkat lunak ini juga mengharuskan penggunanya untuk memiliki token MANA di dalam wallet Ethereum untuk dapat terlibat dengan ekosistem Decentraland.

Selanjutnya, pengembang memiliki kebebasan untuk dapat berinovasi dalam platform Decentraland dengan merancang animasi dan interaksi yang di real estat virtual mereka.

Arsitektur

Decentraland memiliki banyak komponen berlapis yang dibangun menggunakan smart contract Ethereum. Lapisan kosensunya memelihara ledger yang dapat melacak kepemilikan sebidang tanah dalam sistem.

Setiap persil LAND memiliki koordinat unik di dunia maya, pemilik dan orang yang memberikan rekomendasi mewakili konten di dalam persil.

Lapisan konten bertugas mengontrol apa saja yang terjadi dalam setiap persil, dan menyertakan berbagai file yang diperlukan untuk merendernya. Berikut tiga file yang akan diperlukan, meliputi:

Sementara, lapisan real-time juga memfasilitasi interaksi sosial dalam Decentraland melalui avatar pengguna, termasuk sebuah obrolan suara dan pesan.

Marketplace dan Pembangunan

Tim Decentraland telah merilis marketplace yang dapat diakses oleh pengguna untuk membangun sebuah scene.

Marketplace ini memungkinkan pesertanya untuk mengelola dan menukarkan token LAND, dengan harga MANA. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan marketplace untuk melakukan transaksi bahkan mentransfer persil dan item dalam gim lainnya seperti pakaian, akeseoris, dan lain-lain. Semua transaksi nantinya akan diverifikasi oleh jaringan Ethereum dan masuk ke blockchainnya.

Sumber: zipmex

Follow Twitter
Exit mobile version