Apa Itu Whale dan Pengaruhnya dalam Aset Kripto

Mengenal definisi whale dan pengaruhnya terhadap aset kripto

Ilustrasi Crypto whale. (Foto: in

Cryptoindonesia.idWhale dalam aset kripto juga menjadi salah satu istilah yang sering disebutkan. Seperti pada berita terkait Bitcoin yang sempat mencapai all time high dengan harga 60 ribu dolar AS atau setara dengan Rp865 juta per kepingnya. Saat itu, nama Whale kerap disebut sebagai orang dibalik naiknya harga bitcoin. Pasalnya, diprediksi karena para whales membeli Bitcoin (BTC) dalam jumlah yang banyak saat harga BTC sedang rendah.

Berikut informasi lengkap mengenai apa itu whale, pengaruh whale terhadap aset kripto, dan mengenal sosok milyarder Bitcoin whale berikut ini

Apa Itu Whale?

Whale adalah sebutan untuk seseorang yang memegang aset kripto dalam jumlah besar dan memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga aset kripto di pasar. Para whale memiliki pengaruh luar biasa setiap kali likuiditas rendah atau volatilitas yang lebih tinggi.

Jadi, Bitcoin whale adalah sebutan bagi seseorang yang mempunyai aset kripto Bitcoin dalam jumlah besar dan memiliki kekuatan untuk menggerakan harga hanya dengan satu perdagangan.

Berdasarkan aturan 80-20 (juga dikenal sebagai prinsip Pareto), 20 persen pemilik bitcoin teratas memiliki lebih dari 80 persen nilai bitcoin di AS dolar. Sementara menurut BitInfoCharts, terdapat tiga dompet bitcoin yang memiliki 7,18 persen dari semua bitcoin yang beredar pada Q1 2021 dengan nilai sekitar 74 miliar dolar AS.

Sementara 100 dompet teratas menampung sekitar sepertiga dari semua bitcoin dengan nilai 342 miliar dolar AS.

Pengaruh Whale terhadap Aset Kripto

Aktivitas yang dilakukan oleh para whale dapat mempengaruhi pasar aset kripto. Saat  whale melakukan jual beli aset kripto, mereka cenderung melakukan dengan nominal yang besar, yakni puluhan atau bahkan ratusan juta dolar. Nilai jual atau buy order yang besar dapat menyebabkan perubahan harga yang tiba-tiba dan signifikan pada aset kripto.

Misalnya, ketika buy order yang diisi dengan jumlah yang sangat besar, dapat menaikan harga aset kripto. Hal ini terjadi lantaran pasar mendapatkan sinyal bahwa suatu aset kripto tertentu sedang dalam permintaan yang lebih tinggi.

Intinya, ketika whale melakukan pembelian atau penjualan dalam skala besar, mereka dapat mempengaruhi pasar yang kemudian menyebabkan serangkaian pesanan beli atau jual.

Sumber: zipmex

Follow Twitter
Exit mobile version