Mengenal Volatilitas Kripto dan Cara Menekannya

Volalitas dunia kripto sangat tinggi dan kerap terjadi, hanya saja beberapa orang belum tahu cara menekannya agak tidak rugi

Ilustrasi. (Sumber: int)

Cryptoindonesia.id – Harga aset kripto seringkali naik turun dalam jangka waktu yang sangat cepat, bisa hitungan menit, jam, dan hari. Tak seperti dunia saham yang mempunyai harga cenderung stabil dan turun, namun tidak terlalu dalam. Industri kripto berbeda, volalitasnya sangat tinggi.

Volalitas merupakan selisih jarak antara fluktuasi atau naik turunnya harga crypto dalam suatu periode waktu tertentu. Semakin tinggi selisih yang terjadi maka volatilitas harga semakin tinggi. Ini terjadi ketika harga crypto naik cepat dan tiba-tiba turun cepat. Akibatnya akan ada selisih harga yang cukup tinggi dari harga terendah dan harga tertinggi dalam suatu waktu.

Sebenarnya, volalitas yang tinggi dapat memberikan keuntungan bagi para investor asalkan jeli melihat subjek yang dijadikan investasi. Dalam menghadapi Volalitas yang tinggi, bisa dilakukan dengan cara seperti berikut.

1. Membuat Trading Plan

Ini menjadi dasar dan wajib dibuat para investor pemula. Trading plan dibuat sesuai dengan kondisi pasar gaya trading/investasi yang mau dipakai, serta analisis dulu crypto berdasarkan analisis teknikal maupun fundamental.

2. Memahami Risk Management

Menentukan risk management sangat penting agar bisa mengelola aset alokasi keuangan. Mulailah berinvestasi dengan modal sedikit, berikan level stop loss untuk amankan modal kita, Jika kena level stop loss, jangan ragu untuk lakukan cut loss.

3. Gaya Trading

Menentukan gaya trading juga sangat penting, Gaya ini bisa disesuaikan dengan profil risiko kita,  jenis crypto yang mau kita beli, lalu tujuan kita beli crypto ini untuk apa mau trading atau investasi.

Beradaptasi dengan pasar juga penting, melihat situasi pasar dapat memberikan kamu pilihan apakah harus menanam modal banyak atau menariknya. Pastikan untuk tidak lupa untuk terus evaluasi kesalahan yang pernah dibuat sebelumnya.

 

Sumber: Pintu

Exit mobile version