Daftar Aset Kripto yang Diklaim Paling Bagus Tahun Ini

Jumlah aset kripto di dunia ada ribuan, lalu aset kripto apa saja yang paling bagus untuk tahun ini?

Ilustrasi. (Foto: int)

Cryptoindonesia.id – Investasi kripto tahun ini makin mendapat tempat di masyarakat dunia. Di Indonesia, minat investasi kripto tumbuh dengan sangat cepat. Bappebti merupakan lembaga yang mengatur perdagangan kripto.

Jumlah aset kripto di dunia saat ini mencapai ribuan, sementara Bappebti hanya mengizinkan ratusan aset kripto beredar di pasar Indonesia. Aset kripto yang ada pun mempunyai performa yang berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi berbagai faktor, lantas aset kripto apa saja yang paling bagus tahun ini?, berikut daftarnya.

1. Bitcoin

Ditemukan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, Bitcoin (BTC) adalah aset kripto pertama di dunia. Seperti kebanyakan aset kripto lainnya, BTC berjalan dengan menggunakan blockchain sendiri, atau yang juga dikenal dengan distributed ledger technology. Karena penambahan ke distributed ledger harus diverifikasi dengan memecahkan teka-teki kriptografi, atau yang dikenal dengan konsensus Proof-of-Work, Bitcoin dijamin aman dari penipuan.

Harga Bitcoin sendiri telah meroket sejak pertama kali diciptakan. Bahkan, kini namanya kian dikenali oleh masyarakat awam. Berdasarkan data yang dimiliki Forbes, lima tahun lalu, Anda masih bisa membeli Bitcoin dengan harga sekitar 500 dolar AS. Namun karena harganya yang kian meroket, harga BTC terkini telah mencapai 41,396 dolar AS atau setara dengan Rp590 juta.

2. Ethereum

Berdasarkan CoinMarketCap, Ethereum menempati posisi kedua setelah Bitcoin. Ethereum adalah salah satu aset kripto yang memiliki blockchain terbesar dan memiliki banyak fitur yang pengembangan yang mempengaruhi perkembangan blockchain hingga hari ini.

Ethereum sendiri diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2015. Salah satu hal yang paling diunggulkan oleh blockchain Ethereum yaitu menjadi pelopor dari smart-contract. Smart-contract adalah protokol komputer yang berperan dalam membuat kontrak atau perjanjian antara satu pihak dengan pihak lainnya yang dibuat dengan menggunakan kode.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Ethereum adalah menjadi platform yang paling populer untuk membangun decentralized apps (Dapps) dan decentralized finance (De-Fi). Popularitas Ethereum pun tidak kalah dengan sang pendahulu, Bitcoin. Pada saat artikel ini ditulis, harga ETH terkini mencapai Rp39,983,346.

3. Cardano 

Cardano adalah salah satu aset kripto yang terkenal karena menjadi pelopor penggunaan konsensus Proof-of-Stake. Berbeda dengan Proof-of-Work, Proof-of-Stake ini mampu mempercepat waktu transaksi dan mengurangi penggunaan energi dan dampak lingkungan dengan menghilangkan aspek kompetitif. Serta menjadi solusi dari verifikasi transaksi yang biasanya menjadi kendala pada aset kripto lain.

Cardano juga bekerja seperti Ethereum untuk mengaktifkan smart-contract dan decentralized apps (Dapp). Cardano memiliki native token yang disebut ADA. Token ADA Cardano memiliki pertumbuhan yang relatif sederhana dibandingkan dengan aset kripto lainnya. Pada tahun 2017, harga ADA adalah 0,02 dolar AS. Pada saat artikel ini ditulis, harga ADA hari ini mencapai 2.20 dolar AS atau setara dengan Rp31 ribu.

4. Tether

Tidak seperti beberapa bentuk aset kripto lainnya, Tether adalah stablecoin, artinya didukung oleh mata uang fiat seperti dolar AS dan Euro. Secara hipotesis, USDT mempertahankan nilai yang sama dengan salah satu denominasi tersebut. Artinya, nilai USDT seharusnya lebih konsisten dibandingkan aset kripto lainnya, dan disukai oleh investor yang waspada terhadap volatilitas ekstrim dari koin lain.

USDT cocok untuk Anda yang masih mencoba untuk mempelajari transaksi aset kripto. Karena nilainya yang stabil, Anda tidak perlu khawatir akan dampak kerugiannya.

5. XRP

Dibuat oleh beberapa pendiri yang sama dengan Ripple, sebuah perusahaan teknologi digital dan pemrosesan pembayaran, XRP dapat digunakan pada jaringan yang dimiliki Ripple untuk memfasilitasi pertukaran berbagai jenis mata uang, termasuk mata uang fiat dan aset kripto utama lainnya.

XRP dianggap menjadi aset kripto terbaik tahun 2021. Pasalnya, pertumbuhan XRP yang dinilai positif mampu memberikan keuntungan bagi pemegang token ini. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Forbes, pergerakan harga XRP dari tahun 2017 hingga 2021 meningkat tajam hingga 19,000 persen.

6. Solano

Dikembangkan untuk membantu mendukung penggunaan decentralized finance (DeFi), decentralized apps (DApps) dan smart-contract, Solana adalah aset kripto unik yang menggabungkan konsensus Proof-of-Stake dan Proof-of-History yang membantunya memproses transaksi dengan cepat dan aman.

Solana juga merupakan salah satu aset kripto yang memiliki pertumbuhan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan harga SOL yang sebelumnya berkisar 0.77 dolar AS, harga SOL saat ditulis hari ini mencapai 133 dolar AS atau setara dengan Rp1,908,167

7. USD Coin

Serupa dengan Tether, USD Coin (USDC) adalah stablecoin, artinya didukung oleh dolar AS dengan perbandingan 1 USD sama dengan 1 USDC. USDC didukung oleh Ethereum, dan pengguna dapat menggunakan USD Coin untuk melakukan transaksi global.

 

*Dikutip dari berbagai sumber

Exit mobile version